Friday, May 22, 2009

GOSBASMUK

Demam Berdarah Dengue ( DBD ) yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypty, sampai saat ini masih menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat di Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Berturut-turut selama tahun 2006, 2007 dan 2008 ditemukan 11, 38 dan 27 kasus DBD. Kasus kematian akibat DBD selama periode tersebut sebanyak 2 kasus. Angka insiden DBD ini sangat terkait dengan masih kurangnya upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), selain sifat dari pola epidemiologi DBD 5 tahunan.

GOSBASMUK atau Gerakan Oleh Semua Basmi Sarang Nyamuk, merupakan upaya terobosan dalam rangka mencegah berjangkitnya penyakit DBD. Gerakan ini sudah mulai dirintis sejak pertengahan tahun 2008, dengan cara menanamkan kebiasaan 3 M Plus pada siswa-siswa di beberapa SD, SMP, SMA dan santri-santri Pesantren juga dengan melatih kader-kader Jumantik ( Juru Pemantau Jentik )
GOSBASMUK mengandung makna bahwa semua lapisan masyarakat dari semua umur, mulai anak-anak Sekolah Dasar, remaja pelajar SMP-SMU termasuk santri-santri di pesantren, dewasa dan golongan usia lanjut harus ikut berpartisipasi dalam membasmi sarang nyamuk.
Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Puskesmas Cibadak :
  1. Pelatihan dokter kecil di tingkat Sekolah Dasar ( 7 sekolah )
  2. Penyuluhan PHBS di tingkat SMP/SMU/Pesantren ( 6 sekolah/pesantren
  3. Pelatihan kader Jumantik ( 55 orang )
Upaya ini akan dilanjutkan pada tahun 2009 dengan langkah-langkah :
  1. Pencanangan GOSBASMUK pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia ( 5 Juni 2009 ) dengan mengundang Muspika, seluruh Kepala Desa, Seluruh Kepala Sekolah dan Pimpinan Pondok Pesantren dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan LSM.
  2. Penandatanganan kesepakatan Jumat Bersih Desa oleh semua Kepala Desa dan diketahui oleh Camat
  3. Membuka pelatihan dokter kecil Angkatan V dengan target 3 sekolah dasar.
  4. Membuka pelatihan Jumantik Cilik untuk semua sekolah dasar yang ada di Kecamatan Cibadak, persekolah akan dilatih 20 anak.
  5. Membuka pelatihan Jumantik Remaja untuk semua sekolah menengah dan pesantren, masing-masing 20 orang.
  6. Penyuluhan cara PSN pada golongan usia lanjut di majlis taklim yang ada di Kecamatan Cibadak.
  7. Lomba kebersihan tingkat kampung
  8. Lomba kebersihan WC sekolah
Upaya-upaya di atas diharapkan dapat menekan angka kesakitan dan angka kematian akibat DBD, dan mari kita tunggu saja dampak GOSBASMUK terhadap penurunan kasus DBD di Kecamatan Cibadak pada tahun 2010 nanti.

No comments:

Post a Comment